Sejarah Palistina

 

SEJARAH PALISTINA 

 Palestina mengalami periode perdamaian terpanjang selama 401 tahun pemerintahan Ottoman, dimulai dengan penaklukan Yerusalem pada tahun 1516 dan berakhir dengan dimulainya Mandat Inggris pada tahun 1917. Namun bagaimana hal itu mungkin?

 Melihat kembali sejarah, permasalahan Palestina dimulai ketika, pada tahun 1918, setelah Perang Dunia I, Kesultanan Utsmaniyah, setelah mengalami serangkaian pertempuran sengit yang berlarut-larut dalam mempertahankan front Palestina, terpaksa menyerahkan wilayah tersebut kepada Liga Bangsa-Bangsa,  yang menyerahkannya kepada Inggris untuk dikelola sebagai mandat.

 Belakangan terungkap, Inggris dan Prancis mempunyai gagasan lain, setelah diam-diam menandatangani Perjanjian Sykes-Picot pada tahun 1916 dan secara terbuka mengumumkan Deklarasi Balfour pada tahun 1917.

 Apa yang terjadi setelahnya sudah diketahui dengan baik.

 Yang kurang diketahui adalah apa yang pernah ada di wilayah tersebut sebelumnya.  Dengan kata lain, masa damai, hidup berdampingan secara harmonis, dan berkembangnya budaya lokal selama pemerintahan Kesultanan Ottoman yang berlangsung selama 401 tahun.

Mantan Perdana Menteri Pemerintahan Pendudukan, Ehud Olmert: Netanyahu hancur secara moral karena kegagalannya mencapai keamanan negara.

“Menurut statistik yang diterbitkan oleh Brigade Al Qassam, gerakan perlawanan menghancurkan lebih dari 100 kendaraan lapis baja zionis  selama 32 hari terakhir.

 Menurut Defense News, Merkava berharga sekitar $3,5 juta.  Sementara itu, roket anti-tank Al Qassam "Al Yaseen" berharga antara $500-2000, menurut Al Jazeera."

Akun resmi #zionis menerbitkan daftar "1.400+ korban yang dibunuh secara brutal oleh Hamas" bulan lalu.  Daftar tersebut ternyata sebagian besar memuat nama-nama tentara zionis Tabarakallah AllahuAkbar

“Gaza telah menjadi kuburan bagi ribuan anak,” kata Sekjen PBB Antonio Guterres.

 Selain 4.104 anak yang tewas dan ribuan anak yang masih terjebak di bawah reruntuhan, banyak dari anak-anak yang selamat dari serangan Israel di Gaza, Palestina, tidak memiliki orang yang mereka cintai lagi. 

KITA TELUSURI LEBIH LANJUT ......

 

Posting Komentar untuk "Sejarah Palistina"