Faedah Berselawat Kepada Rasulullah saw

 

Kajian di Tijue Tgk.Hasanuddin, SH.MH

" Faedah dan Syafaat Berselawat kepada Rasulullah SAW " 

Liputan; Islamic Techno TV.Com

Mengucapkan selawat kepada Rasulullah SAW merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Selawat memiliki berbagai manfaat (faedah) dan keutamaan, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai faedah berselawat dan syafaat yang dijanjikan:

1. Mendapatkan Rahmat dan Keberkahan dari Allah SWT

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an:

"إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا"

_"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."_ (QS. Al-Ahzab: 56)

Ayat ini menunjukkan betapa agungnya kedudukan berselawat, karena Allah dan malaikat-Nya sendiri berselawat kepada Rasulullah SAW. Setiap muslim yang berselawat akan mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.

2. Mendapatkan Syafaat Rasulullah SAW di Hari Kiamat

Rasulullah SAW bersabda:

"مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطَايَا، وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ"

_"Barangsiapa berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan sepuluh dosanya, dan ditinggikan sepuluh derajatnya."_ (HR. Muslim)

Hadits ini menjelaskan bahwa berselawat akan menjadi sebab mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW di hari kiamat. Syafaat tersebut akan menjadi penolong di saat tidak ada pertolongan selain rahmat dari Allah dan syafaat dari Rasulullah SAW.

3. Menghapus Dosa dan Meninggikan Derajat

Setiap kali seorang muslim mengucapkan selawat, Allah akan menghapus sebagian dosa-dosanya dan meninggikan derajatnya. Faedah ini memberikan harapan besar kepada umat muslim untuk selalu dekat dengan Allah dan Rasul-Nya melalui amalan selawat.

4. Menjadi Tanda Cinta dan Kecintaan kepada Rasulullah SAW

Berselawat merupakan bentuk cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW bersabda:

"لا يؤمن أحدكم حتى أكون أحب إليه من والده وولده والناس أجمعين"

_"Tidak beriman salah seorang dari kalian hingga aku lebih dicintai olehnya daripada orang tuanya, anaknya, dan seluruh manusia."_ (HR. Bukhari)

Dengan berselawat, seorang muslim menunjukkan cinta dan penghormatan kepada Rasulullah, yang merupakan salah satu syarat sempurnanya iman.

5. Melapangkan Rezeki dan Menghilangkan Kesulitan

Ada juga faedah duniawi dari berselawat, yaitu melapangkan rezeki dan mempermudah berbagai urusan. Rasulullah SAW bersabda:

"من أكثر الصلاة عليّ كفاه الله همه وغفر له ذنوبه"

_"Barangsiapa memperbanyak selawat kepadaku, maka Allah akan mencukupi segala kebutuhannya dan mengampuni dosa-dosanya."_ (HR. Tirmidzi)

Syair Selawat yang Afdhal

Salah satu bentuk selawat yang paling afdhal dan sering dianjurkan oleh ulama adalah

 "Selawat Ibrahimiyah" 

yang merupakan bagian dari doa dalam tasyahud akhir ketika salat. Selawat ini sangat utama karena diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW dan dibaca oleh seluruh umat muslim dalam ibadah salat. Berikut adalah teks selawatnya dalam bahasa Arab lengkap dengan barisnya:

"اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَىٰ مُحَمَّدٍ وَعَلَىٰ آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَعَلَىٰ آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. اللّهُمَّ بَارِكْ عَلَىٰ مُحَمَّدٍ وَعَلَىٰ آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَعَلَىٰ آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ."

_"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah melimpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan kepada keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berkahilah Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."_

Selawat Ibrahimiyah ini sangat dianjurkan dibaca setiap saat, baik dalam salat maupun di luar salat. Selawat ini juga dikenal memiliki faedah yang sangat besar dalam mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya serta mendapatkan keberkahan dalam kehidupan.

Penutup

Berselawat kepada Rasulullah SAW adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam, karena memiliki banyak manfaat baik di dunia maupun akhirat. Selawat juga menjadi penghubung antara seorang hamba dengan Allah dan Rasul-Nya, serta menjadi sebab datangnya syafaat pada hari kiamat.

Posting Komentar untuk "Faedah Berselawat Kepada Rasulullah saw"