Pengajian Abu Cut dihadiri Zaman

Pengajia kajian Abu Cut Lhok Nibong 

" Kehadiran Pasangan ZAMAN dalam Pengajian Bulanan di Galon Kupi Sigli, Bahas Kajian Tentang Syukur Bersama Ulama Abu Cut Lhok Nibong" 

Sigli, 21 September 2024  

Pengajian dan kajian bulanan di Galon Kupi Sigli yang disampaikan oleh ulama kharismatik, Tgk. Tarmizi M. Thaib atau lebih dikenal dengan Abu Cut Lhok Nibong, berlangsung meriah dan penuh antusias. Acara ini juga dihadiri oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pidie, Ir. H. Zakaria A. Gani dan Dr. Imran Abubakar, M.Sy, yang dikenal dengan sebutan pasangan "ZAMAN."

Pengajian ini dibuka dengan suasana penuh kehangatan, di mana komedian Aceh, Bang Joni, turut hadir sebagai Master of Ceremony (MC), menambah semarak acara dengan candaan khas Aceh yang membuat suasana semakin hidup. Hadir pula sejumlah tokoh penting Kabupaten Pidie, termasuk Wakapolres Pidie, para pimpinan Dayah, santri-santri, serta masyarakat setempat baik laki-laki maupun perempuan yang memadati tempat pengajian tersebut.

Dalam kesempatan ini, Abu Cut Lhok Nibong menyampaikan ceramah dengan tema besar mengenai *Syukur* dalam kehidupan sehari-hari. Beliau menekankan pentingnya rasa syukur dalam menjalani setiap aspek kehidupan sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. “Syukur adalah kunci untuk mendapatkan tambahan nikmat dari Allah, sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya,” ujar Abu Cut Lhok Nibong, merujuk pada dalil dari Al-Qur'an:

> "Jika kalian bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepada kalian, tetapi jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7)

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa syukur tidak hanya diucapkan secara lisan tetapi harus diwujudkan melalui tindakan nyata dalam kehidupan. Dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda:

> "Sungguh menakjubkan urusan orang yang beriman, seluruh urusannya adalah baik. Jika ia mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur, dan itu baik baginya. Dan jika ia tertimpa kesulitan, maka ia bersabar, dan itu juga baik baginya."  (HR. Muslim)

Abu Cut Lhok Nibong menekankan bahwa syukur juga mencakup penggunaan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT untuk kebaikan. Ia memberikan contoh bagaimana masyarakat harus bersyukur atas kondisi keamanan dan kemajuan pembangunan daerah, serta turut aktif dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan seperti yang diusung oleh pasangan ZAMAN.

Pasangan ZAMAN, Ir. H. Zakaria A. Gani dan Dr. Imran Abubakar, turut memberikan apresiasi atas kajian yang disampaikan. Mereka berdua juga menyatakan komitmennya untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan seperti pengajian ini, sebagai bagian dari upaya membangun masyarakat Pidie yang religius, berakhlakul karimah, dan sejahtera.Keduanya terut membagikan Dubres sesuai dengan pengambilan kopon yang di panggil MC Bang Joni

Acara ini ditutup dengan diskusi interaktif antara masyarakat dan Abu Cut Lhok Nibong. Para santri dan masyarakat berlomba-lomba untuk membuat pertanyaan kepada Abu Cut Lhok Nibong terkait materi pengajian, dan Abu juga menjawab pertanyaan satu persatu yang di denger oleh pengunjung. Pengajian diakhiri dengan doa bersama dan rasa kebersamaan yang semakin erat di antara semua yang hadir.

Pengajian bulanan ini menjadi momen berharga bagi masyarakat Pidie untuk lebih mendalami ilmu agama serta memperkuat rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari.

Redaksi : Islamictechnotv.com

Posting Komentar untuk "Pengajian Abu Cut dihadiri Zaman "